* Cara Merawat Ban Agar Awet *

Sebagai pengendara khususnya sepeda motor, merawat ban adalah hal yang penting dan harus dilakukan. Selai untuk menghemat juga untuk keselamatan pengendara itu sendiri. Karena ban memegang peranan penting dalam kestabilan laju kendaraan, terutama sepeda motor.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kita merawat ban agar awet dan tahan lama:

Ban Bocor

Periksa dop (pentil) ban, apakah ada kebocoran atau tidak? cara yang dilakukan untuk memeriksanya adalah, pertama buka tutup dop. Lalu taruh sedikit air pada ujung dop, bila air menggelembung maka pentil dalam dop mengalami kebocoran dan harus dikencangkan. Atau mungkin jika sudah rusak harus anda ganti.

Ban aus secara apnormal
Bila telapak ban telah aus, maka harus segera anda ganti. karena ban yang permukaanya tidak tebal lagi akan lebih mudah tertusuk dan rusak. Dan lakukan pengecekkan tekanan ban agar sesuai dengan beban pada sepeda motor.

Ban berputar oleng (tidak beraturan)

Periksa jari-jari roda apakah sudah di set kencang atau masih kendor. Jika ban berputar oleng berati jari-jari sudah kendur. Ban yang oleng akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan saat anda mengendarai sepeda motor.

Memeriksa takanan ban
Periksalah tekanan ban seara berkala agar ban bisa menahan beban motor, sesuaikan tekanan anatara ban depan dengan ban belakang. Dan anda juga perlu tahu bahwa tekanan ban yang rendah memungkinkan ban lebih midah tertusuk benda tajam seperti pecahan kaca dan lainnya.

Jarak tempuh

Setiap jarak 10.ooo Km maka ban harus di stel kembali kelurusannya. Selain itu cuaca juga sangat berpengaruh pada keawetan ban, pada musim panas membuat jalanan menjadi panas. Hal itu akan berpengaruh juga pada ban menjadi epat panas, dan bila ban dalam keadaan panas maka proses untuk ban aus akan lebih cepat. Terlebih lagi jika sering melakukan pengereman mendadak.

Itu tadi sedikit tips untuk menjaga ban agar tetap awet dan nyaman untuk mengendarai sepeda motor anda, semoga bermanfaat bagi pembaca.



( Sumber : http://www.duniainfo.info/cara-merawat-ban-agar-awet.htm )